VISI :

Mewujudkan LP2M sebagai “research center” dan mampu memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan melalui pengabdian masyarakat secara akademis–profesional menuju terciptanya manusia muslim yang berakhlak karimah dan berdampak sebagai rahmatan lil al’ alamin.

MISI :

  1. Menjadikan LP2M sebagai “research center”, pengembangan ilmu, pusat informasi ilmiah yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, menghasilkan berbagai jenis penelitian yang berkualitas.
  2.  Mencetak tenaga peneliti dan tenaga pengabdian masyarakat melalui pelatihan peneliti dan pelatihan tenaga pengabdian masyarakat yang profesional.
  3. Membentuk iklim budaya akademik yang sehat melalui penelitian dan pengabdian masyarakat di kalangan dosen IAIN Palu.
  4. Mengkoordinir, memonitor dan mengevaluasi penelitian yang dilakukan oleh dosen IAIN Palu.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.
  6. Meningkatkan kualitas lembaga sebagai mitra kerja pemerintah dan masyarakat dalam riset dan pengabdian  masyarakat.

Tujuan :

  1. Mengembangkan kemampuan penelitian bagi dosen pada tingkat pemula dan tingkat madya melalui kegiatan pelatihan, lokakarya dan seminar.
  2. Menyelenggarakan dan mengkordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat pada civitas akademika.
  3. Meningkatkan kemampuan LP2M untuk menjadi “research center” dan hasil-hasil penelitian tersebut akan dipublikasikan melalui jurnal penelitian LP2M dan dapat digunakan untuk pengembangan kelembagaan, mereformulasi teori-teori dan metodologi ilmu pengetahuan.
  4. Meningkatkan relevansi dan evektivitas penyelenggaraan penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendukung Pembangunan Nasional dan Daerah.