Guna mendapatkan saran dan masukan selama proses penelitian, Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) LP2M IAIN Palu menyelenggarakan kegiatan seminar hasil penelitian dosen tahun 2019 pada tanggal 26 Oktober 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan skema baru yang digagas oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, yaitu penelitian dilakukan dengan sistem online dan offline.

Sistem online dilakukan melalui aplikasi LITAPDIMAS (litapdimas.kemenag.go.id) mulai dari penerimaan proposal, seminar antara sampai dengan laporan hasil, semua harus diunggah di litapdimas.

Menurut Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Kapuslitpen) LP2M IAIN Palu, Dr. Fatimah Saguni, M.Si. sistem online ini dapat mempermudah pemantauan progress dan hasil penelitian para dosen. “Oleh karena itu peneliti harus mengupload data penelitiannya di litapdimas.” terangnya.

Selain itu Output luaran penelitian tahun 2019 juga lebih jelas dalam peningkatan mutu dosen yaitu dengan adanya laporan executive jurnal, atau naskah jurnal yang sudah siap terbit. “Sehingga nantinya kedepan dosen sudah punya jurnal yang dipublish secara online, dengan syarat bukti submit pada jurnal yang dituju.” tutur doktor bidang psikologi ini.

Salah satu pendukung output tercapainya luaran laporan executive jurnal ini adalah seminar antara dan seminar hasil. “Seminar hasil sebagai wadah bagi peneliti untuk mendapatkan masukan dan saran selama melakukan penelitian.” pungkasnya. (MIK)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *